Makanan untuk ibu yang menyusui

sumber : www.clubnutrisia.co.idMakanan apa sajakah yang harus dikonsumi oleh ibu menyusui? Benarkah jumlah ASI dipengaruhi dengan makanan yang dikonsumi ibu? Simak penjelasan tentang makanan untuk ibu menyusui berikut ini.


Banyak ibu yang bertanya mengenai jenis makanan apa yang dapat membantu mereka mendapatkan jumlah ASI yang diinginkan. Sebenarnya tidak ada makanan khusus yang dapat membantu meningkatkan volume ASI, tetapi ibu menyusui dianjurkan untuk mengkonsumsi diet yang seimbang.

Diet seimbang seperti apa yang dibutuhkan oleh ibu menyusui? Pada dasarnya ibu menyusui wajib mengkonsumsi makanan seperti buah, sayuran, makanan yang mengandung protein seperti daging, ayam, karbohidrat kompleks dan kalsium. Dengan menu makan yang sehat dan seimbang, maka kebutuhan gizi Anda akan terpenuhi sehingga si kecil pun dapat terjaga nutrisinya.

Ketika Anda menyusui si kecil, tubuh Anda juga bekerja untuk menghasilkan ASI. Sehingga sangat wajar jika Anda merasa lapar setelah memberi ASI. Nah, agar tingkat energi Anda dapat terjaga, sebaiknya Anda pun mengkonsumsi camilan sehat setelah menyusui atau pada waktu sebelum menyusui. Sebab ibu menyusui membutuhkan tambahan kalori ekstra sebesar 300 kalori/hari

Berikut ini ada beberapa contoh beberapa jenis makanan sebesar 300 kalori untuk sarapan, makan siang, dan malam serta makanan selingan.

Sarapan/Breakfast:

  • 1 mangkuk sereal dan 1 potong kecil pisang, 1 sdm kacang walnuts, dan ½ cangkir susu tanpa lemak
  • 2 mangkuk sereal dicampur dengan 1 1/4 cangkir susu
  • 1 telur dadar, 2 potong roti gandum, dan 1/2 cangkir jus jeruk

Makan Siang/Lunch:

  • 3 ons tuna dan 37 kacang almond
  • Sandwich ayam panggang
  • 2 potong roti gandum dengan 1 sdm selai kacang, 1 sdm selai buah

Makan Malam/Dinner:

  • 3 ons ikan salmon potong tanpa tulang dan 1 buah roti gandum
  • Sepiring nasi, kacang polong dan brokoli rebus

Makanan selingan/Snacks:

  • 3 buah pisang
  • 2 buah apel

Sedangkan bagi Anda yang cenderung memiliki riwayat alergi pada keluarga, sebaiknya menghindari konsumsi kacang. Kacang adalah salah satu jenis makanan yang cenderung menjadi penyebab alergi. Demikian juga dengan seafood seperti udang atau kerang. Jika Anda memiliki kecenderungan alergi, sebaiknya menghindari jenis makanan ini.

Istirahat dan percaya diri


Selain harus mengkonsumsi makanan dengan menu seimbang, sebaiknya ibu menyusui juga beristirahat yang cukup, tidak stres dan selalu percaya diri bisa memberikan ASI yang cukup untuk sang buah hati.

Jika Anda stress atau kurang istirahat, biasanya reflek tubuh yang menghasilkan stimulasi ASI mengalami gangguan. Akibatnya, ASI pun tidak bisa keluar. Nah, pastikan Anda selalu santai tiap akan menyusui, meluangkan waktu yang cukup untuk memerah ASI dan yakin bahwa ASI Anda cukup untuk kebutuhan si kecil.

Makanan Bergizi Penunjang Kualitas ASI
Selama menyusui, seorang ibu membutuhkan kalori, protein, mineral, dan vitamin yang sangat tinggi. Mengingat ibu yang menyusui rata-rata memproduksi 800 ml ASI salam sehari, dengan kandungan kurang lebih 600 kalori, maka ibu menyusui perlu memperoleh tambahan makanan sebanyak 750 kalori/ hari. Agar kelenjar-kelenjar susu mampu mengeluarkan ASI, maka dibutuhkan tambahan lagi sebanyak 75 kalori/hari.

Untuk kebutuhan protein walaupun ASI sendiri susah mengandung 12% protein, ibu masih perlu menambahkan lagi dengan 25 gr protein/hari. Selain itu, karena ASI juga mengandung zat kapur (kalsium) yang diambil dari tubuh ibu, maka makanan ibu juga memerlukan tambahan zat kapur sebanyak 0,5 gr/hari. Ibu dapat memperolehnya melalui sumber makanan seperti susu, sayur-sayuran, dan ikan teri. Jangan lupa untuk menambahkan asupan tambahan zat besi sebanyak 5 mg.

Karena nilai vitamin yang terdapat dalam ASI sangat bergantung pada nilai vitamin dalam makanan ibu sehari-hari, maka ibu menyusui juga membutuhkan tambahan ekstra vitamin sebanyak 2500 IU Vitamin A, 0,4 mg Thiamin (Vitamin B1), dan 30 mg Vitamin C.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

my first kue lumpur

Rahasia Sukses Orang Jepang