Ciptakan rutinitas tidur

Memasuki usia 1 tahun, biasanya bayi akan tidur 10-12 jam dalam semalam. Dan membiasakan bayi Ibu dengan rutinitas tidur  sejak usia 6 sampai 8 minggu, akan memudahkan terciptakanya rutinitas tidur yang baik.


Buat rutinitas tidur lebih awal

Setelah memiliki bayi, pasti Ibu tidak bisa tidur malam dengan nyenyak lagi. Karena sebentar-sebentar bayi Ibu terjaga. Tapi bila Ibu pelan-pelan membiasakan bayi Ibu mematuhi jadwal tidur yang baik, tentu ia akan terbiasa dan Ibu akan bisa cukup beristirahat.

Ciptakan rutinitas ini sejak bayi berusia 6 sampai 8 minggu dimana bayi Ibu sudah mampu secara fisik tidur sepanjang malam tanpa mengganggu waktu tidur Ibu.

Tidur siang yang teratur

Selain membiasakan bayi tidur pada waktu yang tepat, lamanya tidur juga perlu diperhatikan. Atur tidur siang yang sebentar saja dan tidur cukup sepanjang malam. Coba pelajari berapa lama waktu tidur yang dibutuhkan bayi Ibu. Ingat, jangan takut membangunkannya bila menurut Ibu ia tidur terlalu lama.

Perbedaan siang dan malam

Mengenalkan bayi perbedaan siang dan malam, membantu menciptakan rutinitas tidur yang baik. Ciptakan saing hari yang terang, cerah, ramai dan menyenangkan. Bahkan saat ia tidur siang, jangan terlalu menjaga agar suasana rumah tenang. Agar ia tahu bahwa itu adalah siang hari dimana ia tidur sebentar saja, sisanya untuk bermain.

Sebaliknya di malam hari, ciptakan suasana tenang dan hanya menyalakan lampu tidur.

Menyiapkan bayi untuk tidur

Beberapa hal berikut, mungkin bisa membuat bayi tidur dengan nyaman:

• Mandikan bayi dengan air hangat dan ajak main sebentar sebagai awal penurunan intensitas aktivitas sebelum tidur.

• Pakaikan ia baju tidur yang lembut dan nyaman (usahakan dari bahan katun yang mudah menyerap keringat).

• Redupkan lampu kamar bayi dan belai bayi Ibu dengan lembut.

• Putar lagu atau nyanyikan lagu pengantar tidur, atau bacakan cerita dengan suara pelan.

• Beri ciuman sebelum ia tidur dan biarkan ia tidur dengan mainan favoritnya.

Bagaimana Bila Bayi Menangis?

Bayi memang bisa tertidur dengan sendirinya bila ia lelah karena menangis. Tapi Ibu tentu tidak tega membiarkan ia menangis. Jika bayi Ibu mulai merengek saat akan ditinggal, cobalah menenangkannya.

Belai bayi Ibu dengan lembut dan katakan ”selamat tidur, ibu sayang kamu.” Tunggu sebentar sampai ia tertidur baru tinggalkan kamarnya. Walau bagaimana pun , kehadiran Ibu, tentu membuat bayi Ibu tenang saat akan tidur.

Tiap ibu dan bayi berbeda-beda, jadi jangan frustrasi dulu jika rutinitas ini tidak berjalan sesuai harapan. Coba dan bersabarlah. Lakukan apa yang paling sesuai untuk Ibu dan bayi Ibu.
************* di kutif dari club nutrisia***********

Komentar

Postingan populer dari blog ini

my first kue lumpur

Rahasia Sukses Orang Jepang