Peralatan Tempur MPASI Rumahan

Peralatan Tempur MPASI Rumahan (Tahap 1: Persiapan)

http://yeptirani.wordpress.com/2011/07/29/peralatan-tempur-mpasi-rumahan-tahap-1-persiapan/
Setelah lulus dari S1 ASI Eksklusif, Zee dan Danda masuk tahap studi ASI berikutnya, yaitu Program Pascasarjana ASI jurusan ASI dan MPASI Rumahan tanpa Tambahan Garam dan Gula. ^_^
Di awal kelahirannya, Zee sempat minum susu formula, dan itu merupakan penyesalan terbesar dalam hidup aku. Makanya, aku bertekad untuk memberikan 100% makanan yang aku masak sendiri dan 0% makanan instan yang dibeli di supermarket. Itung-itung sebagai bayaran atas kebodohan aku menyerah pada susu formula padahal ASI-ku cukup di awal-awal hidup Zee.
Awalnya aku bingung, apa saja yang harus disiapkan. Beruntung aku berkenalan dengan milis MPASIRumahan, yang baru bergabung saja aku langsung dikasih daftar barang yang diperlukan sebagai peralatan tempur MPASI Rumahan. ^_^ –Thankz Mum Depe, Mod of milis.
Belum lagi aku juga belajar tentang frozen food. Yaitu puree-puree dan bubur-bubur yang dibekukan. Metode yang dipakai oleh Mama-mama super sibuk tapi masih pengen masak sendiri buat yang tersayang.
Akhirnya, biarkan aku berbagi. Ini dia peralatan tempur untul sukses MPASI Rumahan a la Danda Yeptirani, tentunya. ^_^
Tahap 1: PERSIAPAN

1. Panci Bubur
Panci Bubur stainless
Terbuat dari stainless steel, ada 2 ukuran 16cm dan 14cm. Buat awal, mending beli yang 14cm aja. Aku punya dua karena aku beli yang 16cm duluan, ternyata kegedean. ^_^
Fungsinya buat masak bubur, sup, atau apapun. Beli baru soalnya panci yang ada udah dipake buat masak sampadeh semua. Hihihi..
2. Mini Rice Cooker
YongMa Mini Roce Cooker
Kalau ada uang lebih, silakan beli SLOW COOKER. Karena lebih hemat listrik. Karena aku gak ada uang lebih :p dan adanya mini rice cooker ini, jadilah aku pakai ini saja. Masak lebih cepat karena tinggal dicolok saja. ^_^
3. Kukusan
Kukusan Stainless
Buat ngukus sayuran atau buah kasar (pir dan apel di awal MPASI), katanya mengukus itu lebih menyimpan nutrisi makanan ketimbang merebus, loh.
4. Telenan, Pisau, Parutan Keju, dan Saringan Kawat Baru
Semua Baru
Semuanya baru karena yang udah ada udah pada dibuat masak rendang, dendeng, n sambel semua. Takutnya ada cabe yang nempel. Hihihi..
5. Grinder
Munchkin Food Grinder
Most recommended product. Sangat membantu sekali dalam menyiapkan makanan untuk bayi. Cukup masukin dan putar. Jadi deh. Gak perlu listrik dan gak berat dibawa ke mana-mana.
Waktu kami traveling ke Bukittinggi lewat darat, aku bawa alat ini, n Zee tetep makan masakanku di sana. ^_^
5. Blender
Mini Blender
Dipake kalo kepepet. Gak usah dijelasin yak fungsinya buat apa :)
6. Food Maker Set
Food maker set
Kalau sudah punya ini, perlengkapan lain gak terlalu penting ^_^
Gampang didapat kok.. cari aja di baby shop. Ada grindernya, parutannya, saringannya, dan pemeras jeruknya juga.
Itu dia perlengkapan tempur Persiapan MPASI Rumahan. Episode 2 nanti masuk ke Penyimpanan dan Penyajian ya. ^_^
Semoga membantu dan selamat memasak buat yang tersayang ^_

Komentar

  1. buat lebih membantu daripada harus bawa peralatan perang seperti itu, pake aja MPASI nya GASOL. Sama-sama non instan dan organik pula kan?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rahasia Sukses Orang Jepang

my first kue lumpur